Tips Interview

LOWONGAN KERJA INDONESIA

Mungkin sebagian orang menganggap bahwa wawancara kerja merupakan sesuatu yang gampang. Akan tetapi walaupun memiliki persyaratan yang cukup memadai atau bahkan di atas rata-rata, sebagian orang tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang diincarannya karena gagal dalam sesi wawancara. Oleh sebab itu anda perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara kerja.

Berikut ini beberapa tips untuk lolos wawancara kerja:
Tips Wawancara Kerja 1
Pilih potensi anda yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang anda lamar. Hindari respon yang bersifat umum seperti pengakuan bahwa anda adalah pekerja keras. Lebih baik, berikan respon misalnya, "Saya selalu diperbudak daftar pekerjaan yang saya buat sendiri. Sebab, saya tidak mau pulang sebelum semua pekerjaan di kantor selesai."
Tips Wawancara Kerja 2
Jangan katakan bahwa anda adalah seorang perfeksionis (menunjukkan bahwa anda sombong). Lebih baik, jujur saja dan sebutkan kelemahan yang nyata. Misalnya, anda tidak pandai berhitung di luar kepala, dan karenanya anda mengatasinya dengan membawa kalkulator. Tapi, kemudian, segera imbangi dengan kelebihan anda.
Tips Wawancara Kerja 3
Sebutkan besaran gaji yang wajar. Lihat mata pewawancara, sebutkan angkanya, dan berhentilah berbicara. Jangan berbohong tentang gaji yang anda terima di kantor sebelumnya, bila anda sudah bekerja. Bila anda merasa bahwa gaji anda di kantor yang sekarang terlalu kecil, berikan penjelasan yang tepat.
Tips Wawancara Kerja 4
Gambarkan posisi yang cukup wajar. Kira-kira dua-tiga posisi di atas posisi yang anda lamar saat ini. Jangan sertakan impian atau cita-cita yang tak ada hubungannya dengan pekerjaan yang anda lamar, misalnya, ingin jadi bintang sinetron atau jadi penulis. Anda akan kelihatan tidak fokus.
Tips Wawancara Kerja 5
Hindari mengemukakan hal yang negatif. Kalau kenyataannya begitu, ucapkan dalam kalimat 'positif', misalnya bahwa anda tidak melihat ada 'ruang' di mana anda bisa berkembang. Lalu, jelaskan mengapa anda menganggap bahwa pekerjaan di kantor baru ini memberi kesempatan yang lebih baik.
Tips Wawancara Kerja 6
Ungkapkan kegagalan yang pernah anda alami, tapi yang sudah ada solusinya. Supaya, pewawancara tahu bahwa anda punya usaha untuk mengatasi masalah.
Tips Wawancara Kerja 7

Berikan paling sedikit dua pertanyaan yang berhubungan eat pada kantor baru ini. Misalnya, anda mengajukan pertanyaan apakah kantor ini sudah punya website. Atau, bisa juga anda mempertanyakan kehadiran CEO yang anda tahu baru saja diangkat, apakah membuat kinerja perusahaan semakin baik, dan semacamnya. Hindari pertanyaan yang menyangkut kepentingan anda sendiri, misalnya, apakah karir anda akan berkembang di sana.

Yang menjadikan seseorang sukses menggapai cita-citanya ialah tampil beda dan memiliki keunggulan komperatif. Beberapa trik atau strategi perlu disiapkan agar anda sukses melewati tahapan untuk mengejar karier yang anda idamkan. 

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites