Sistem CAT Penerimaan CPNS 2011

Sistem CAT Penerimaan CPNS 2011
Computer Assisted Test (CAT)

Penerimaan CPNS tahun 2011 ini beberapa daerah akan melakukan penerimaan CPNS dengan sistem CAT. sistem ini sebenarnya sudah diberlakukan di dalam penerimaan CPNS pada tahun sebelumnya di BKN dan ANRI.

Sistem CAT adalah yaitu suatu metode sistem ujian penerimaan cpns dengan menggunakan komputer untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar dan standar kompetensi kepegawaian.
Tahun 2010, BKN dan ANRI saat rekrutmen menerapkan standar minimal kelulusan yang berbeda dengan menerapkan model itu. BKN nilai minimalnya 275, sedangkan ANRI nilai minimal hanya 250. tahun ini standard CAT ini mungkin akan berubah sesuai dengan kebutuhan.
Setiap peserta akan mendapatkan soal yang berbeda-beda untuk tingkat kesulitan yang sama, karena soal CPNS akan diacak oleh aplikasi CAT. Demikian halnya dengan kerahasiaan soal akan terjamin karena tidak memerlukan lembar soal dan lembar jawaban (LJK).

Penilaiannya dilakukan secara objektif dan transparan karena yang memeriksa hasil ujian langsung oleh aplikasi sistem CAT.

Dengan Sistem CAT - Peserta ujian juga dapat memantau sisa waktu yang tersedia melalui layar monitor setiap saat selama ujian berlangsung. Sistem CAT ini didesain semudah mungkin sehingga peserta tes dipastikan dapat mengoperasikannya. Peserta tes juga dapat langsung melihat hasilnya melalui layar komputer.

Dalam penerimaan CPNS tahun 2011 ini penerimaan CPNS daerah akan mulai melakukan penerimaan dengan sistem ini diantaranya adalah lingkup pemprov Sumsel dan JATIM.

Dengan sistem ini diharapkan penerimaan CPNS akan berlangsung lebih transparan dalam menghindari kecurangan dalam penerimaan CPNS

Source : LKIT



Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites